NAMA-NAMA MALAIKAT DAN TUGAS-TUGASNYA


Malaikat adalah Ciptaan Allah Yang suci tercipta Dari Nur Atau Cahaya. Jumlah mereka lebih banyak dari dari pada Manusia. Meskipun seluruh manusia dibangkitkan dari jaman Adam hingga Keakhir jaman Nanti Niscaya Jumlah Mereka tetap lebih banyak. Didalam Riwayat dikatakan bahwa Ketika Rasul Menaiki langit disetiap tingkatnya, maka Rasul Melihat Ribuan Malaikat berdiri dalam keadaan Sholat. Dan setiap tingkat ada yang ruku’ saja, ada yang I’tidal dan ada yang sujud. Sehingga dari itu rasul mengumpulkan cara sholat.

Belum lagi disetiap diri manusia terdapat 2 malaikat, dan setiap hari senin kamis maka para malaikat akan berganti dan melaporkan catatan amalan manusia disaat itu.

Berikut 10 Nama Malaikat Yang wajib untuk diketahui :

Malaikat Jibril sebagai SHAHIBUL WAHYU, yang bertugas menyampaikan pesan Allah berupa wahyu kepada para Nabi dan Rasul, juga berupa ilham kepada Wali Allah.

Mikail sebagai SHAHIBUR RAZZAQ, yang bertugas mengatur pembagian rizki Allah kepada seluruh makhluk yang di darat, laut, maupun udara. Juga seluruh makhluk yang hidup di atas langit.

Malaikat Izrail sebagai SHAHIBUR RUH, yang bertugas mengatur pencabutan nyawa makhluk yang memiliki ruh, seperti manusia, jin, hewan, malaikat dan seluruh makhluk langit, kecuali yang Allah kehendaki untuk tetap hidup.

Malaikat Israfil sebagai SHAHIBUL QORN, yang bertugas meniup sangkakala dan menentukan segala akhir kehidupan makhluk dan menentukan pembangkitan mereka untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dihadapan pengadilan akhirat.

Malaikat Munkar bertugas menanyai dan menghukum orang yang sudah meninggal di alam barzah

Malaikat Nakir bertugas menanyai dan menghukum orang yang sudah meninggal di alam barzah

Malaikat RakibTugas Malaikat Raqib adalah mencatat amal baik perbuatan manusia. Sekecil apapaun amal baik kita, tetap akan dicatat sebagai amal baik oleh malaikat Raqib.

Malaikat Atid Tugas Malaikat Atid adalah mencatat amal buruk perbuatan manusia. Maka kita harus haati-hati ketika melakukan suatu amalan. Sekecil apapun dosa yang kita lakukan baik disengaja ataupun tidak, pastilah akan ada buktinya kelak.

Malaikat Malik, malaikat ini bertugas menjaga pintu neraka

Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu syurga


Selain malaikat yang di riwayatkan di atas, inilah beberapa nama Malaikat berikut tugasnya :
Malaikat Zabaniah, 19 malaikat penyiksa dalam neraka yang sangat bengis dan kasar.

Malaikat Hamalat Al’ Arsy, 4 malaikat pembawa Arsy Allah SWT  saat ini dan pada hari kiamat akan ditambah jumlahnya menjadi 8.

Malaikat Harut Dan Marut, kedua malaikat yang dijadikan manusia dan diuji oleh Allah SWT. Lihat kisahnya disini

Malaikat Dar’dail, yang bertugas mencari manusia yang berdoa, bertaubat dan lainnya pada bulan ramadhan.

Malaikat Kiraman Katibin, yang bertugas sebagai pencatat yang mulia kepada jin dan manusia.

Malaikat Mu’aqqibat, yang bertugas memelihara manusia dari kematian sampai waktu yang telah ditetapkan yang datang silih berganti.

Malaikat Arham, yang bertugas untuk menetapkan rezeki, ajal, keberuntungan dan lainnya pada 4 bulan kehamilan.

Malaikat Jundallah, yang bertugas sebagai malaikat perang yang membantu nabi dalam peperangan.

Malaikat Ad-Dam’u malaikat yang selalu menangis jika melihat kesalahan manusia.

Malaikat An-Nuqmah, malaikat yang selalu berurusan dengan unsur api dan duduk di singgasana berupa nyala api. Dia memiliki wajah kuning tembaga.

Malaikat Ahlul Adli, malaikat yang memiliki ukuran besar melebihi ukuran bumi beserta isinya dan dia memiliki 70 ribu kepala.

Malaikat Berbadan Api Dan Salju, malaikat yang memiliki ukuran besar dengan tubuh setengah api dan setengah salju serta dikelilingi oleh pasukan malaikat yang tidak pernah berhenti berdzikir.

Malaikat Pengurus Hujan, yang bertugas mengurus hujan menurut kehendak allah.swt.

Malaikat Penjaga Matahari, 9 malaikat yang bertugas menghujani matahari dengan salju.

Malaikat Rahmat, yang bertugas sebagai penyebar keberkahan, rahmat, permohonan ampun dan pembawa roh orang-orang saleh, ia datang bersama malaikat maut dan malaikat azab.

Malaikat Azab, yang bertugas sebagai pembawa roh orang-orang kafir, zalim, munafik. Ia datang bersama malaikat rahmat dan malaikat maut.

Malaikat Pembeda Haq Dan Bathil, yang bertugas membedakan antara tindakan yang benar dan salah kepada manusia.

Malaikat Penentram Hati, yang bertugas meneguhkan pendirian seorang mukmin.

Malaikat Penjaga 7 Pintu Langit, yang bertugas menjaga 7 pintu langit. Mereka diciptakan oleh ALLAH SWT sebelum langit dan bumi ada.

Malaikat Pemberi Salam Ahli Surga, yang bertugas sebagai pemberi salam kepada ahli-ahli surga.

Malaikat Pemohon Ampun Untuk Orang Beriman, para malaikat yang berada disekeliling Arsy yang memohonkan ampunan bagi kaum yang beriman.

Malaikat Pemohon Ampun Bagi Manusia Dibumi, para malaikat yang bertasbih memuji Allah SWT  dan memohonkan ampun bagi manusia-manusia dibumi.

Malaikat Pendamping Malaikat Maut, malaikat ini berjumlah 70.000, mereka datang mendampingi dan ikut mendoakan apabila malaikat maut hendak mencabut nyawa orang-orang mukmin..

Sebenarnya masih banyak Malaikat yang memiliki tugas-tugas diberikan Allah SWT. Namun Sesungguhnya Hanya Allah Sendirilah Yang tau tentang keberadaan mereka. Dan tugas apa yang diemban mereka. Meraka Hanya Bertasbih dan berzikir dan menunaikan segala tugas yang diberikan. Dari Allahlah Segala Kebenaran Dan segala Kesalahan Dari Penulis. Semoga Tidak Menjadi Pertanggung jawaban di Yaumil Akhir Kelak jika ada kesalahan yang termuat dalam penulisan ini.