AGAMA-AGAMA YANG ADA DI DUNIA


Dan orang-orang yang kafir itu amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapati sesuatu apapun....... (Q.S. An-Nuur : 39)

Ada beberapa agama yang berdasarkan monoteisme (agama Samawy) yaitu agama yang berasal dari wahyu Allah melalui Rasul-rasul-Nya, untuk disampaikan kepada umat masing-masing dan ada juga beberapa agama yang lahir dari ide-ide manusia sendiri (agama Thabi'i) seperti Politeisme yang meyakini adanya banyak tuhan atau dewa, dengan menyembah berhala-berhala buatan mereka sendiri.

A. AGAMA THABI'I.

Hinduisme. Jumlah pemeluk 900 juta jiwa. Hindu percaya adanya ratusan dewa dengan kekuasaan dan patung masing-masing terutama 3 dewa yang utama (trimurti) : Brahma, Wisnu dan Syiwa. 
ZoroastrianismeLahir 7 abad SM yang mempercayai Ahura Mazda sbg Tuhan dimana pengikutnya memuja api.
Budhisme. Jumlah pemeluk 376 juta jiwaLahir 6 abad SM, pengikut2xnya memuja Budha Gautama dengan ajarannya : Budha, Dharma, Sangkha.
TaoismeLahir 3 abad SM oleh Lao Tse, sebagai Tuhan dalam sistem keagamaan bangsa Cina.
Konfusianisme. Lahir pada 551 tahun SM, diajarkan oleh Confusius dengan kepercayaan kepada leluhur/nenek moyang bangsa Cina.
Shintoisme. Diperkenalkan sebagai agama nasional bangsa Jepang tahun 1868 yang memuja kepada alam dan dewa-dewa serta pahlawan-pahlawan mereka.
Shikisme. Jumlah pemeluk 23 juta jiwaDiajarkan di India oleh Guru Nanak yakni campuran paham Hinduisme dan Muslim namun sangat menyimpang dari ajaran Islam. Kepercayaan ini serupa dengan aliran Kebatinan di negara kita Indonesia.

B. AGAMA SAMAWY.

[1] YudaismeYang dibawa oleh Nabi Musa AS untuk Bani Israel atau Yahudi semula bertauhid suci namun kemudian menyembah Sapi Emas.
[2] Kristen. Jumlah pemeluk 2,1 milyar jiwa. Agama Kristen Melalui Nabi Isa AS sebagai kelanjutan/penggenap ajaran-ajaran Nabi Musa AS buat Bani Israel, namun kini menyimpang kepada ajaran Trinitas yang diajarkan oleh Paulus yang semuanya berdasarkan Mithos dari kaum pagau/Yunani yakni zaman Sebelum Masehi (SM) antara lain :
a.    Trinitas orang-orang India : Okteu, Nesse, Atahuta.
b.    Trinitas penganut Hindu : Brahma, Wisnu, Syiwa.
c.    Di Mesir Kuno : Isis, Hories, Orisis.
d.    Orang-orang Yunani : Phanes, Uranos, Kronos.
e.    Orang-orang Romawi : Yupiter, Menerva, Juno.
[3] Islam. Jumlah pemeluk 1,5 milyar jiwa. Adalah penerus dan penutup agama-agama Allah, berdasarkan Tauhid suci (Monotheisme absolut) oleh Nabi Muhammad SAW.

Adapun Atheisme dan kepercayaan Animisme tidak bisa dianggap sebagai agama karena tidak memiliki ajaran-ajaran pokok ketuhanan.

Atheisme adalah kepercayaan orang bahwa Tuhan itu tidak ada, bahwa dirinya dan seisi alam ini hanya terjadi dengan sendirinya saja.

Sedangkan Animisme adalah kepercayaan kepada suatu daya kekuatan hidup atau kekuasaan yang keramat dan tidak berpribadi, yang dapat dianggap halus ataupun berjasad (benda bernyawa/punya roh).

Studi perbandingan ini penting karena akan memberikan dampak positif terutama buat kini para generasi muda Muslim yang ingin menegakkan agama suci ini dan mempertahankan diri dari setiap usaha yang akan merusakkannya terutama dari pengaruh yang menyelinap ketengah-tengah umat Islam sendiri secara halus (baik yang kita hadapi secara sadar maupun tidak).